Welcome To Yayasan Kesatuan

24 Sep : 14:38  | Dikirim Oleh:  Admin  |  Kategori:  Info


Yayasan Kesatuan menaungi jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga Sekolah Tinggi. Pada saat berdirinya, sekolah ini bernama "Sekolah Rakyat Prof. Dr. Ir. Thung" dan pada 11 April 1966 berubah menjadi "Kesatuan"
 
Sejarah dalam Yayasan Kesatuan
 
1949 - Prof. Dr. Ir. Thung Tjeng Hiang mengadakan pertemuan dengan beberapa orang tua dan ahli-ahli pendidikan untuk membicarakan penampungan anak-anak yang terancam putus sekolah akibat ditutupnya sebuah Taman Kanak-Kanak Partikelir di Bogor. Pada saat itu, Prof. Thung adalah seorang Guru Besar pada Fakultas Pertanian Universitas Indonesia yang berkedudukan di Bogor. Pada 22 Agustus 1949, didirikan "Sekolah Rakyat Prof. Dr. Ir. Thung" lengkap dengan Badan Pengurusnya. Nama sekolah yang mempergunakan nama "Prof. Dr. Ir. Thung" ini sebelumnya tidak disetujui oleh Prof. Thung yang kemudian terpilih sebagai Ketua Badan Pengurus yang pertama. Sekolah yang baru dibuka ini hanya menyediakan pendidikan untuk TK saja. 


Sekolah ini bernaung di bawah "Yayasan Sosial Thung Tjoen Pok" yang bergerak dalam bidang sosial, pendidikan, dan pengajaran.

Komposisi murid pada awalnya seluruhnya merupakan keturunan Tiongkok, sehingga masyarakat kebanyakan menganggap bahwa sekolah ini adalah Sekolah China, walaupun dalam pendiriannya telah menyatakan membuka diri bagi semua golongan. 
 
1959 - mulai dibuka Sekolah Dasar dengan tiga kelas, yaitu dua kelas I dan satu kelas II. 
Pada 1 Agustus 1959, dibuka SMP Prof. Dr. Ir. Thung. 
 
1965 - SMA Prof. Dr. Ir. Thung mulai dibuka pada tanggal 1 Agustus 1965.

1966 - seiring dengan perubahan dalam suasana Orde Baru, pada tanggal 11 April 1966 secara resmi "Sekolah Prof. Dr. Ir. Thung" berubah nama menjadi "Sekolah Kesatuan".
 
1973 - mulai dibuka sebuah akademi yang bernama "Akademi Ketatalaksanaan Kesatuan Bogor".

1982 - Sekolah Kesatuan berubah nama menjadi "Lembaga Pendidikan Kesatuan". Nama "Akademi Ketatalaksanaan Kesatuan Bogor" diubah menjadi "Akademi Manajemen Kesatuan Bogor" pada 2 November 1982. 1994 - Nama "Lembaga Pendidikan Kesatuan" kembali menjadi "Sekolah Kesatuan". Kepengurusan "Sekolah" dan "Akademi" dipisahkan dan memiliki direktur masing-masing.

1995 - mulai berdiri "Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan" (STIE Kesatuan) yang menyelenggarakan program Strata-1 (S1).
 

Komentar Off Top ↑
   printer friendly create pdf of this news item